Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  1.126       Komentar  0
27 Februari 2018 14:34:59

Gunungkidul Sentra Produksi Pangan DIY


Kelompok tani Timbul Karya Dusun Polaman, Desa Pampang, Kecamatan Paliyan mempunyai potensi lahan seluas 31 Hektar. Pada panen raya kali ini mendapatkan hasil ubinan rata rata untuk varietas IR 64 sebanyak 5kg, provitas 6,9 ton/ha, Mikongga dengan ubinan 6,4kg provitas 8,85 ton/ha, Ciherang dengan ubinan 6kg provitas 8,5 ton/ha, Inpari-10 dengan ubinan 6,5kg provitas 8,7 ton/ha serta Mapan dengan ubinan 8kg provitas 11 ton/ha.

Melihat keberhasilan budidaya padi di Gunungkidul tahun ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan dukungan sejumlah pihak terkait, terus bertekad mendorong produktivitas tanaman pangan terutama padi, baik yang diolah pada lahan tadah hujan maupun lahan persawahan.



Upaya ini dilakukan melalui fasilitasi dan pembangunan sarana prasarana pendukung pertanian yang semakin banyak, sehingga meningkatkan efektivitas budidaya tanaman pangan oleh para petani Gunungkidul. Dari pembangunan saluran irigasi, bantuan benih dan pupuk, bantuan alat dan mesin pertanian, serta pendampingan, sangat diharapkan menjadi stimulan bagi petani agar tetap bersemangat membudidayakan tanaman pangan, khususnya padi.

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos pada sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas peran serta para petani dalam mewujudkan Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu sentra produksi bahan pangan di DIY, serta memiliki katahanan pangan yang kuat. "Semoga dapat mewujudkan masyarakat Gunungkidul yang sejahtera lahir dan batin," katanya. Beliau juga berharap agar generasi muda dapat menjadi penerus tani, "memanfaatkan teknologi pertanian yang semakin canggih dapat membuka lapangan kerja di bidang pertanian", tambahnya.

Pada tahun ini Kabupaten Gunungkidul juga mendapatkan penghargaan "Adi Bhakti Tani 2018" sebagai prestasi utama dibidang pertanian.



Dukungan terhadap upaya peningkatan produktivitas padi di Gunungkidul juga datang dari para akademisi, diantaranya Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM). Pendampingan dan bantuan yang diberikan telah menyemangati para petani, sehingga proses budidaya semakin baik dan memberikan hasil panen yang memuaskan.

Salah satu bentuk bantuan yang diberikan Fakultas Pertanian UGM yaitu Gedung Lumbung Pangan, sebagai dukungan mewujudkan ketahanan pangan yang semakin kuat di Gunungkidul. Dengan harapan kerjasama yang terjalin antara kelompok tani dan akademisi, akan menjadikan proses budidaya padi maupun tanaman pangan lainnya di Gunungkidul,  semakin meningkat dan berkualitas.(*tim_ikp)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar