Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  1.041       Komentar  0
06 Februari 2019 22:58:07

Wakil Bupati Menerima BPK RI Perwakilan Provinsi DIY Dalam Rangka Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan LKPD T.A 2018


Gunungkidul - Wakil Bupati Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H., menerima tim BPK RI Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, (06/02) di Ruang Rapat Bupati. Kedatangan tim BPK ke Gunungkidul pada hari itu dalam rangka entry meeting Pemeriksaan Terinci Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 di Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Pemeriksaan tersebut akan berlangsung selama 30 hari kalender mulai dari 06 Februari 2019.



Suasana Audiensi di RR Bupati, Rabu siang

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah, Ir. Drajad Ruswandono, M.T., Asisten III Bidang Pemerintahan dan Umum, Anik Indarwati, M.P., Asisten II, Ir. Azman Latief, dan Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkab Gunungkidul.

Wakil Bupati, Immawan dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya menyambut baik kedatangan tim BPK. Dirinya mengatakan kepada agar para OPD mempersiapkan segala hal/dokumen/data yang diperlukan dalam proses pemeriksaan.

“Persiapkan dokumen-dokumen dan segala sesuatu yang dibutuhkan sehingga pemeriksaan LKPD dapat berjalan dengan lancar. Kepada para OPD agar benar-benar mengawal BPK terkait data yang dibutuhkan, sehingga semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Wakil Bupati, Immawan juga menyerukan kepada semua OPD terkait di Lingkungan Pemkab Gunungkidul untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik, sehingga pemeriksaan ini dapat berjalan dengan baik.

“Kami sangat berharap komunikasi dan koordinasi yang baik antar semua pihak. Mudah- mudahan kedepan Gunungkidul semakin lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Penanggung Jawab BPK, Nur Miftahul Lail, menjelaskan tujuan Pemeriksaan Terinci atas LKPD Pemerintah Kabupaten Gunungkidul TA 2018 meliputi beberapa hal antara lain kesesuaian LKPD dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan pengungkapan, Efektivitas sistem pengendalian intern dan Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, terkait dengan tindak lanjut dengan pantauan tahun sebelumnya, pengelolaan belanja hibah uang, penyelesaian piutang macet, dan penatausahaan aset tetap.

“Kecukupan pengungkapan artinya, semua yang disajikan dalam laporan keuangan merupakan informasi yang benar-benar menggambarkan kegiatan yang sebenarnya.

Sedangkan kesesuaian dengan standar; adalah ketika membuat laporan keuangan harus berdasar pada aturan-aturan baku yang harus ditaati,” jelasnya.

Pihaknya juga menjelaskan sasaran Pemeriksaan LKPD TA 2018 yang meliputi kewajaran penyajian saldo akun dalam neraca per 31 Desember 2018, Kewajaran penyajian saldo akun dan transaksi pada Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Laporan Arus Kas TA 2018, Kewajaran penyajian saldo akun dan transaksi pada Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Perubahan SAL Tahun 2018.

“Sasaran lainnya meliputi Konsistensi penerapan prinsip akuntansi dalam penyusunan LKPD, Efektivitas desain dan implementasi pengendalian intern serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan daerah dalam rangka penyusunan LKPD,” ujarnya.

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar