Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  7       Komentar  0
11 Mei 2018 11:30:59

BPBD Terus Lakukan Pantauan Dengan FPRB, Pasca Letusan Freatik Merapi




Gunungkidul – Gunung Merapi, Jumat, (11/05) mengalami letusan freatik. Pasca letusan tersebut sejumlah wilayah yang berada dekat dengan keberadaan gunung terdampak abu vulkanik. Asap tebal berwarna putih kecoklatan yang membumbung tinggi tersebut sempat menyita perhatian warga masyarakat. Tidak sedikit warga masyarakat dibuat panik atas peristiwa tersebut.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan hingga pukul 11.30 pantauan dampak letusan freatik Merapi berupa abu vulkanik belum masuk di wilayah Kabupaten Gunungkidul. “Kami terus melakukan pemantauan. Selain itu juga menyiapkan masker,” terangnya, saat dihubungi di kantornya. Selain itu, BPBD Kabupaten Gunungkidul juga terus melakukan kooordinasi dengan Forum Pengurangan Resiko Bencana ( FPRB) yang berada dimasing- masing wilayah untuk memantau masuknya abu vulkanik. “Masker dan perlangkapan penanggulangan abu vulkanik sudah disiapkan di kantor BPBD yang berada di komplek Bangsal Sewoko Progo Wonosari,” tambahnya.

Berdasar rilis informasi Pusdalop BPBD Magelang, erupsi freatik merupakan proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma baik secara langsung ataupun tidak langsung. Erupsi Freatik terjadi ketika adanya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma di dalam bumi, panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap, dan ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung, maka akan terjadi letusan yang disebut Erupsi Freatik. Letusan dari Erupsi Freatik mengeluarkan material padat yang terlempar akibat tekanan dari uap tadi.

Meski demikian, kondisi merapi diklaim aman dan normal. Letupan yang baru saja terjadi merupakan letupan freatik. kondisi tersebut normal terjadi pada sebuah gunung berapi. Pantauan seismogram kondisi tetap aman dan normal. Diharapkan warga masyarakat Gunungkidul khususnya untuk tidak panik, namun tetap berhati-hati jika akan ada aktivitas di daerah yang sekiranya terdampak abu vulkanik. (*tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar