Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  270       Komentar  0
03 Februari 2017 16:09:01

Prof. Dr. Sri Adiningsih, M.Sc, PhD : “Pariwisata di Gunungkidul Saat Ini Luar Biasa“


Gunungkidul – Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof.Dr. Sri Adiningsih, M.Sc. P.hD dihadapan awak media disela-sela kunjungannya di Embung Nglanggeran, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul pada hari Jum’at tanggal 3 Februari 2017.

Dikemukakan pula oleh Ketua Wantimpres bahwa kondisi Kabupaten Gunungkidul saat ini sangat berbeda apabila dibandingkan dengan keadaan Kabupaten Gunungkidul 10 atau 20 tahun yang lalu, dimana kondisinya kering dan kurang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

“ Pariwisata Gunungkidul saat ini nge-hits menjadi pusat tujuan wisata, pantainya banyak sekali, belum lagi Goa Pindul, Sri Gethuk dan Nglanggeran dengan geoparknya ada banyak spot-spot yang juga menjadi tujuan wisata yang menarik “.ungkap Sri Adiningsih.

Ditambahkan Sri Adiningsih juga menyatakan pariwisata di Gunungkidul saat ini luar biasa serta memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah melibatkan masyarakat dan generasi muda dalam mengembangkan pariwisata. “ Kita tahu masyarakat, anak-anak muda sekarang kreatif-kreatif dalam mengembangkan pariwisata seperti di Nglanggeran, tumbuh berkembang, hebat, luar biasa “.tegasnya.

Hadir mendampingi Ketua Wantimpres dalam kunjungannya di Kabupaten Gunungkidul  Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos, Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Immawan Wahyudi, Kepala Kantor Perwakilan BI Yogyakarta Budi Hanoto, perwakilan LIPI Yogyakarta, Pimpinan Balai Taman Teknologi Pertanian Yogyakarta, Pimpinan OPD dilingkungan Kabupaten Gunungkidul, Camat Patuk beserta Muspika, Kades Nglanggeran dan Pengurus Pokdarwis Nglanggeran.

Usai melakukan peninjauan dan foto bersama di Embung Nglanggeran, Ketua Wantimpres beserta staf dan rombongan Bupati Gunungkidul melakukan pertemuan di Ruang Rapat Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran yang diikuti seluruh tamu undangan.

Pada pertemuan ini Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Immawan Wahyudi dalam sambutan selamat datang menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua Wantimpres berserta rombongan di Kabupaten Gunungkidul dan keadatangan Ketua Wantimpres dapat memberikan inspirasi, motivasi dan inovasi bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam memberikan layanan kepada masyarakat serta dapat mensejahterakan masyarakat.

Dihadapan tamu undangan dan hadirin yang berada di ruang rapat Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran Ketua Wantimpres Prof.Dr. Sri Adiningsih kembali menegaskan kekagumannya atas perkembangan pembangunan terutama pariwisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul, beliau mengatakan bahwa ketika melakukan perjalanan meyusuri kawasan pantai selatan di Gunungkidul pantainya sangat menarik dan memiliki keunikan serta panorama yang sangat indah.

Pada kesempatannya Bupati Gunungkidul dihadapan Ketua Wantimpres Prof.Dr. Sri Adiningsih dan tamu undangan memaparkan potensi yang dimiliki serta visi misi pembangunan yang dilaksanakan oleh jajaran pemerintah Kabupaten Gunungkidul terutama pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata di Gunungkidul.

Pertemuan dilanjutkan dengan dialog antara tamu undangan dengan Prof.Dr. Sri Adiningsih yang dipandu oleh Kepala Dinas PU, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Gunungkidul Ir. Edy Praptono, M.Si. Dalam dialog ini ada banyak masukan maupun pertanyaan terutama hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya masukan dari Sugeng Handoko Pokdarwis Nglanggeran yang mengharapkan adanya perhatian yang lebih intens terhadap kawasan geopark dari pemerintah pusat mengingat saat ini kawasan Geopark Gunung Sewu yang ada sudah mendapatkan pengakuan tingkat internasional UNESCO, dan di Kabupaten Gunungkidul terdapat 13 titik geosite dari 33 geosite yang ada di kawasan Geopark Gunung Sewu. Terbukti dari satu titik geosite yaitu di Nglanggeran telah menjadi daya ungkit perekonomian di 11 desa yang ada di Kecamatan Patuk.

Menanggapi masukan, saran maupun pernyataan yang disampaikan pada pertemuan tersebut Ketua Wantimpres telah mencatat dan akan menjadi bahan dari daerah khususnya Kabupaten Gunungkidul untuk disampaikan kepada pihak-pihak yang berkompeten untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peran, fungsi dan ketugasannya termasuk kepada Presiden dan para menteri terkait.(sura/sumarno)



Prof.Dr. Sri Adiningsih Ketua Wantimpres RI didampingi Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul berfoto bersama pokdarwis Nglanggeran di Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.(3/2/2017).(sura/sumarno)
  


Prof.Dr. Sri Adiningsih Ketua Wantimpres RI didampingi Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul berfoto bersama di Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.(3/2/2017).(sura/sumarno)
  


Prof.Dr. Sri Adiningsih Ketua Wantimpres RI menyerahkan cinderamata kepada Hj. Badingah Bupati Gunungkidul pada acara Kunjungan di kawasan gunung api purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.(3/2/2017).(sura/sumarno)
 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar