Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  213       Komentar  0
08 Januari 2017 08:25:52

Bupati Tekankan Pendidikan Karakter pada Peringatan Panca Windu SMP N 2 Playen


Gunungkidul – Dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan, krisis kualitas generasi muda yang berkarakter positif memiliki etika moralitas maupun etos kerja yang kuat, sudah selayaknya pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama mampu menjadikan sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen menjadi wadah pembentukan pendidikan yang berkarakter serta pendidikan budi pekerti yang luhur bagi generasi muda Gunungkidul khususnya. Tuntutan sebuah lembaga pendidikan bukan hanya menghasilkan anak didiknya menjadi pintar secara intelegensi, akan tetapi harus memiliki karakter positif, budi pekerti, dan etos kerja yang kuat agar mampu menjadikan sumber daya manusia yang berkompetensi unggul. Keberhasilan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah, namun keluarga dan masyarakat harus terlibat dalam mendidik.



Penyerahan pohon secara simbolis (foto:sumarno)

Seperti halnya yang dilakukan SMPN 2 Playen dalam rangka peringatan panca windu yang melibatkan semua peserta didiknya, kegiatan dimulai sejak 14/12/2016 hingga 08/01/2017 dengan melakukan berbagai rangkaian acara diantaranya cara pembuatan karya ilmiah (KIK) nara sumber BPTBA LIPI, try out SD se-Kabupaten Gunungkidul, pameran yang diikuti siswa, guru, masyarakat, alumni, instansi sekolah, BPTBA LIPI, Talk show pascapanen menjadi produk jadi nara sumber BPTBA LIPI, kesenian bersama alumni, olah raga bersama alumni, sunatan massal pengobatan massal kerja sama RS Orthopedi Prof. Soeharso Solo serta donor darah bekerja sama dengan PMI Gunungkidul, wayang cakruk, pemeriksaan jantung kerja sama dengan fakultas kedokteran UGM, puncak acara dilaksanakan di lapangan Gading dan area SMPN 2 Playen dengan kegiatan senam sehat dan jalan santai bersama seribu alumni, seratus pensiunan Guru dan TU, pemberian bibit tanaman kepada masyarakat.



Puncak Acara Panca Windu (foto: Sumarno)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Disdikpora Drs. Sudodo, MM., beserta jajaranya, Camat Playen Suyatno beserta unsur Muspika Kecamatan Playen, serta beberapa alumni, antara lain Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Ngadiyono, SE., Kolonel Infanteri Nur Muhammad Ko. Diklat TNI AD, Kombes Muh. Mamik Dir. Sabhara Medan Sumatra Utara, AKBP Mudarman Bareskrim dan beberapa alumni yang berhalangan hadir hanya memberikan bantuan. Di sela kegiatan Kepala Disdikpora juga menyampaikan amanatnya bahwa semua sekolah yang ada diGunungkidul bebas dari pungli, peserta didik yang tidak mampu dibiayai pemerintah, akan tetapi yang mampu boleh memberikan dukungan berupa sumbangan, karena untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik sesuai dengan tuntutan saat ini sangat tidak mungkin hanya mengandalkan biaya dari BOS dan APBD saja, seperti halnya SMPN 2 Playen adalah satu-satunya sekolah unggulan berbasis lingkungan yang sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak, ucapnya.



Sambutan Bupati Gunungkidul (Foto:Sumarno)

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada keluarga besar SMPN 2 Playen, serta ucapan terima kasih kepada Guruatas dedikasinya yang selalu berkarya menjadi pendidik yang profesional dan berkomitmen dalam pengabdiannya menciptakan generasi yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing. Disampaikan pula bahwa Pemerintah Daerah sangat menunggu dan membuka diri sumbang sih saran dari keluarga besar alumni SMPN 2 Playen untuk kemajuan seluruh masyarakat Gunungkidul, beliau mengingatkan sangat pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik saat ini, penggunaan Teknologi informasi yang baik,  bagaimana cara menanggulangi kebudayaan dariluar yang tidak sesuai, serta pembiasaan etikayang sesuai dengan kebudayaan kita, hal ini diharapkan agar diterapkan dalam pendidikan baik formal maupun nonformal juga didalam penerapan ilmu teknologi. (marno/edt.hari)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

 

17 Apr 2017 s.d 22 Apr 2017
Festival Kethoprak se Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Gedung Kesenian Baleharjo Wonosari Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar