Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  133       Komentar  0
28 September 2017 23:34:16

Tanda Tangan Digital, Menuju e-Office di Gunungkidul


Penggunaan teknologi khususnya teknologi informasi komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah saat ini berkembang sangat pesat menuju Good Governance  dan juga sedang bertransformasi menuju implementasi e-Government.

Dengan adanya perkembangan teknologi, maka bertukar data ataupun informasi saat ini sangatlah mudah. Namun, dibalik kemudahan yang didapat dari perkembangan TIK ini, terdapat pula salah satu tantangan dalam penerapan e-Government yaitu keamanan informasi. Informasi dan dokumen elektronik yang dipertukarkan dalam proses e-Government pada hakekatnya berisi informasi yang perlu diberi jaminan keamanan, sehingga informasi tersebut tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya serta melaksanakan berbagai kebijakannya, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tentu mempunyai sensitivitas yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung pada aspek kehidupan masyarakat, dan pemerintahan pada umumnya. Terutama dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara RI melalui Balai Sertifikasi Elektronik tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada sistem eletronik di Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Penandatangan Kerjasama dilaksanakan di Kantor Lembaga Sandi Negara RI di Jakarta, Kamis (28/9), yang dilakukan oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lemsaneg RI Anton Setiyawan dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul Ir. Purnamajaya, MUM disaksikan Ketua Lemsaneg RI beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Sekretaris Utama Lembaga Sandi Negara RI, Syahrul Mubarak, S.IP, MM mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi yang pesat memerlukan penanganan dan pengamanan informasi yang baik sesuai dengan klasifikasi informasi pada Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. "Pemerintah Daerah dalam hal ini Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) hendaknya menyusun klasifikasi informasi termasuk informasi yang dikecualikan untuk selanjutnya diamankan oleh unit persandian di daerah yang telah bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara RI," tambahnya.

Lembaga Sandi Negara RI dalam pengamanan informasi telah membuat program aplikasi secara mandiri salah satunya adalah sertifikat elektronik. “Pelaksanaan pengamanan informasi dan pengembangan harus dilaksanakan sinergis antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, ”tegas Syahrul Mubarak.

Sementara itu, Ir. Purnamajaya, MUM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemanfaatan sertifikat elektronik merupakan implementasi Kabupaten Gunungkidul menuju e-Government seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat. Kerjasama dalam hal pemanfaatan sertifikat elektronik ini, kedepan digunakan untuk penyelenggaraan e-office di Kabupaten Gunungkidul, yaitu berupa tanda tangan digital pada dokumen. Tahap awal akan dilaksanakan pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kabupaten Gunungkidul dalam penerbitan dokumen perijinannya. “Dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui sertifikat elektronik, pejabat dapat memberikan tanda tangan digital meskipun tidak berada di kantor sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terlayani dengan cepat,”tegasnya.

Hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini  antara lain Kabag Pemerintahan Umum Setda Gunungkidul Drs. Azis Saleh, M.Si , Sekdin DPMPT Drs. Sabarisman,MM, perwakilan Bagian Hukum Setda Gunungkidul dan Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Gunungkidul Joko Hardiyanto, SP, M.Eng. (tim_ikp*)

 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar