Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  183       Komentar  0
30 Oktober 2018 16:05:08

Statistik Bukan Matematika, Harus Ramah Terhadap Dinamika Sosial


Gunungkidul - "Statistik bukan matematika, sehingga penentuan angka kemiskinan dengan statistik melalui survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dapat dilakukan dengan statistik yang ramah terhadap dinamika sosial bukan rumus yang kaku". Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. Immawan Wahyudi, MH pada saat  membuka acara  paparan akhir Analisis Kemiskinan Kabupaten Gunungkidul yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunungkidul di Hotel Cyka Raya, Wonosari (30/10/2018). 



Immawan menambahkan keberadaan Sistem Informasi Desa (SID) yang telah menjangkau semua desa di wilayah Kabupaten Gunungkidul, dengan berbagai macam fungsi dan feature aplikasi tersebut dapat dioptimalkan untuk update data kemiskinan melalui program Basis Data Terpadu (BDT) yang ada pada SID.

"Kolaborasi dan koordinasi antar OPD terutama Diskominfo dengan Bappeda, diperlukan dalam dalam rangka update Basis Data Terpadu", kata Immawan.

Pada kesempatan ini dilaksanakan Paparan Akhir Analisis Kemiskinan Kabupaten Gunungkidul oleh tim BPS Kabupaten Gunungkidul yg dipimpin Drs. Sumarwiyanto,  Kepala BPS dipandu oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik Dinas Kominfo, Joko Hardiyanto, SP, M.Eng.

Kabid Persandian dan Statistik menyampaikan bahwa pekerjaan ini merupakan kegiatan Swakelola yang dikerjakan oleh BPS Kabupaten Gunungkidul dan dibiayai oleh APBD melalui DPA Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul.



Tim BPS Kabupaten Gunungkidul dalam paparannya menyampaikan distribusi pendapatan merupakan salah satu aspek kemiskinan yang perlu dilihat karena merupakan ukuran kemiskinan relatif. Tim mengatakan bahwa data pendapatan sulit diperoleh, sehingga pengukuran distribusi pendapatan didekati dengan menggunakan data pengeluaran. Ukuran yang menggambarkan ketidakmerataan pendapatan antara lain adalah koefisien Gini (Gini Ratio) dan Ukuran Bank Dunia.

Dalam paparan akhir, Tim yang diwakili oleh Bapak Paulus menyampaikan kondisi kemiskinan yang ada di Kabupaten Gunungkidul diukur menggunakan garis kemiskinan. Jika dibandingkan dengan daerah di sekitarnya, Garis kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul relatif tidak setinggi Kabupaten Klaten, Bantul, Sukoharjo, Kulonprogo dan Wonogiri dari tahun ke tahun. Hanya Kabupaten Pacitan yang garis kemiskinannya ada di bawah Kabupaten Gunungkidul.



Paparan akhir ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sudodo, MM, Sekretaris Diskominfo dan jajaran serta perwakilan OPD yang terkait dengan penanggulangan kemiskinan di GK. (*tim_kominfo)



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar