Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  55       Komentar  0
21 April 2017 13:46:46

Cegah Kanker Serviks, Panitia Hari Kartini dan BPJS Gelar Pemeriksaan IVA


Gunungkidul – Bertempat di halaman RB. Mitra Selang, Wonosari, Gunungkidul pada hari Jum’at(21/04/2017) Bupati Gunungkidul mencanangkan Pemeriksaan IVA/Papsmear bagi masyarakat Gunungkidul. Kegiatan yang diselenggarakan merupakan hasil kerjasama BPJS Kesehatan dengan Panitia Peringatan Hari Kartini Kabupaten Gunungkidul tahun 2017.

Hadir pula pada acara ini Kepala BPJS Cabang Yogyakarta dr. Sri Mugirahayu, AAK, Pimpinan BRI Cabang Wonosari Setijarsih Sekaligus selaku Ketua Pelaksana Panitia Peringatan Hari Kartini, Pimpinan BPD DIY Cabang Wonosari Plati Sulistiyanti, Plt. Kadinkes Gunungkidul Sudjoko, S.Sos, M.Si, Kapten Agus Riyanto perwakilan dari Kodim 0730/Gunungkidul, PKBI DIY dan Gunungkidul.

Dalam sambutan selamat datang Ketua Pelaksana Panitia Peringatan Hari Kartini melaporkan bahwa kegiatan pmeriksaan IVA/papsmear gratis ini diikuti oleh 168 ibu pemegang kartu BPJS, Jamkesmas maupun yang belum memiliki yang berasal dari Kota Wonosari dan sekitarnya.

Kepala BPJS Cabang Yogyakarta dr. Sri Mugirahayu pada kesempatan ini menyampaikan bahwa program ini merupakan kerjasama BPJS dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang diketuai oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo. Adapun kegiatan gelar pemeriksaan IVA/papsmear ini diselenggarakan secara serentak di 10 titik lokasi se-Indonesia dalam rangka Hari Kartini yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah, sementara untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di pusatkan di tiga titik lokasi yaitu Klinik Mitra Selang, Wonosari, Gunungkidul, Balaikota Yogyakarta dan Puskesmas Pandak II Bantul. “ Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya “.kata dr Sri Mugirahayu dihadapan awak media saat meninjau pelaksanaan pememriksaan IVA/Papsmear di Klinik Mitra Selang, Wonosari, Gunungkidul.

Pada pencanangan Gelar Pemeriksaan IVA/Papsmear ini Bupati Gunungkidul dalam sambutannya dihadapan tamu undangan dan hadirin mengungkapkan upaya penanganan kanker serviks di Gunungkidul menghadapi beberapa hambatan. Dijelaskan Badingah setidaknya ada dua hambatan yaitu pertama cukup tingginya biaya pemeriksaan kesehatan reproduksi sehingga masih banyak ibu dan calon ibu yang enggan melakukannya, kedua masih dijumpai perempuan yang malas untuk memeriksakan organ reproduksinya sehingga ketika terdeteksi sudah masuk stadium lanjut.

“ Yang hadir ini diharapkan sebagai penggerak atau kader dilingkungannya masing-masing dalam deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA/Papsmear “.harap Hj.Badingah

Pemerintah terus mengupayakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya perempuan, dengan mendorong kader-kader PKK dapat memberikan sosialisasi pentingnya deteksi dini kanker serviks sehingga masyarakat khususnya generasi muda sadar pentingnya memeriksakan IVA/Papsmear.



Pencanangan Deteksi Dini Kanker Serviks

Pada akhir kegiatan Bupati Gunungkidul bersama Kepala BPJS Cabang Yogyakarta dan tamu undangan meninjau pelaksanaan pemeriksaan IVA/Papsmear dan berdialog dengan ibu-ibu peserta pemeriksaan.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh BPJS Cabang Yogyakarta dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat oleh pemerintah, data per 14 April 2017 terdapat 176.591.664 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan terdapat total 20.736 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan yang terdiri atas 9.819 Puskesmas, 4.508 Dokter Praktik Perorangan, 1.144 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.305 Klinik Pratama dan 15 RS D Pratama. Selain itu BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.020 Fasilitas Kesehatan Rujukan Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.126 Rumah Sakit (termasuk 166 Klinik Utama), 2.195 Apotek dan 984 Optik.(tim_ikp*)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

17 Apr 2017 s.d 22 Apr 2017
Festival Kethoprak se Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Gedung Kesenian Baleharjo Wonosari Gunungkidul

 

13 Mar 2017 s.d 13 Apr 2017
Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Seluruh Kecamatan se Kabupaten Gunungkidul

 

03 Sep 2016 s.d 09 Agu 2016
FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA (FKY) XXVIII TAHUN 2016
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

Pranala Luar

Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar