Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  51       Komentar  0
27 September 2017 15:38:58

Pundungsari dan Dadapayu Termasuk 8 Desa Percontohan Lumbung Pangan


Hal tersebut dikatakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Sigit Sapto Raharjo di Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Rabu (27/9), dalam rangka ekspose hasil program desa percontohan pengurangan kemiskinan dan kerawanan pangan yang dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ekspose hasil program desa percontohan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi program/kegiatan di 8 desa yang telah dilaksanakan secara terpadu. dan berkelanjutan oleh berbagai sektor melalui tugas dan fungsi masing-masing instansi/lembaga/OPD.

Adapun 8 desa percontohan tersebut antara lain Desa Pundungsari (Semin) dan Dadapayu (Semanu) di Kabupaten Gunungkidul, Hargorejo (Kokap), dan Pagerharjo (Samigaluh) di Kabupaten Kulonprogo, Margoagung (Seyegan) dan Wukirharjo (Prambanana) di Kabupaten Sleman, Tamantirto (Kasihan) dan Jagalan (Banguntapan) di Kabupaten Bantul.

“ Di desa-desa tersebut telah dilakukan program mandiri pangan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Seperti misalnya, di Desa Pundungsari ini, mampu menghasilkan 10 ton padi per hektarnya, padahal wilayahnya berada di perbukitan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj Badingah, Ssos dalam sambutannya mengatakan bahwa angka kemiskinan di Gunungkidul menurun, hal ini menunjukkan bahwa kesejahteraan masyarakat meningkat. “ Salah satu faktornya adalah ketersediaan pangan. Upaya optimalisasi petani terus ditingkatkan. Pemerintah telah memberikan bantuan kepada petani berupa alat pertanian, sarana prasarana, rehab irigasi, pembangunan embung, dan lainnya,” kata Bupati.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa seiring pesatnya pertumbuhan sektor industri di DIY mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian. “Pembangunan pertanian dan pedesaan perlu mendapatkan prioritas didukung dengan perbaikan badan unggul, teknologi tepat guna, serta percepatan keanekaragaman pangan”, katanya.

Sultan juga berharap, jika acara ekspose hasil program desa percontohan ini mampu menjadi momentum peningkatan partisipasi masyarakat dan dukungan masyarakat dalam membangun kesejahteraan. Selain memberikan arahan, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga melakukan penyerahan bantuan benih padi, alsintan dan juga pompa air kepada masyarakat.

Hadir pada acara tersebut antara lain Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta jajaran, Bupati Gunungkidul Hj Badingah, SSos beserta jajarannya, Inspektur Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian RI, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Dirjen. Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, perwakilan dari Komandan Korem 072/Pamungkas, Kapolda DIY, serta Direktur Bank BPD DIY. (tim_ikp*)

 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar