Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  452       Komentar  0
04 Februari 2019 16:56:25

Bupati Memanen Sayuran Hidroponik di Kelompok Tani Hidrosari Gadungsari


Gunungkidul - Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos., memanen tanaman hidroponik di Padukuhan Gadungsari, Kecamatan Wonosari. Tanaman rintisan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) sejak bulan 5 lima bulan lalu sudah dipanen lebih dari 10 kali. Namun, secara resmi Bupati Gunungkidul, Senin, (04/02) memanen bersama kelompok tani dan Direktur Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Daerah Gunungkidul (DBG) Dra. Rini Widiyanti serta Kepala Dinas Sosial Dra Siwi Iriyanti.



Bupati Memanen Sayuran Hidroponik di Gadungsari

“Selama ini produksinya sudah banyak dipesan rumah-rumah makan atau para pedagang kuliner ,” kata Ketua Kelompok Hidroponik Padukuhan Gadungsari, Kecamatan Wonosari Endang Sri Hartini dalam laporannya.



Bupati Beserta Jajaran Memanen Sayuran Hidroponik

Tanamannya, meliputi, selada, kangkung, sawi, pokcay, bayam merah dan bayam hijau. 

Dalam panen ini kebanyakan selada, pokcay dan kangkung. Rata-rata setiap instalasi panen 4 sampai 5 kg. Jumlah instalasinya sebanyak 9 buah. Jadi untuk panen sekarang ada sekitar 45 kg.

“Semuanya diborong Bupati dengan pejabat yang datang, mendapatkan uang sebanyak Rp 787.000,-” Dikatakan Kelompok Tani Hidroponik Padukuhan Gadungsari akan mengembangkan fasilitas yang ada. Antara lain dengan mengganti pipa yang saat ini dirasa terlalu kecil dan menambah instalasi lagi agar produksinya semakin banyak.

“Kelompok juga terus mendorong masyarakat untuk membuat tanaman hidroponik di rumah masing-masing, walaupun instalasinya dari bambu,” tambahnya.

Selain melayani permintaan dari beberapa rumah makan, kelompok juga memasarkan ke pasar Minggu pagi di Alun-alun Wonosari. Bupati menganjurkan dapat berjualan di pasar tani juga yang berada di Komplek Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Hj. Badingah, S.Sos., berharap agar tanaman hidroponik di Padukuhan Gadungsari dapat dikembangkan ke padukuhan, desa atau kecamatan lain di Gunungkidul.

Beliau juga menegaskan agar masyarakat banyak mengkonsumsi sayuran sehat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga. Selain itu dari kegemaran dan hobi ini tentunya akan meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga. (*tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar