Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  110       Komentar  0
14 Juli 2017 09:21:16

Sultan Mendorong Adanya Jaga Warga di Gunungkidul


Gunungkidul – Kamis,(13/7), bertempat di Pendopo Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Gunungkidul digelar syawalan antara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah dan masyarakat Gunungkidul dalam acara Kunjungan Kerja dan Halal Bil Halal Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

Hadir mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Jajaran Pimpinan OPD Pemerintah DIY, dalam acara ini rombongan Gubernur DIY diterima Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul bersama jajaran Forkompimda beserta Pimpinan OPD, Camat, Kades, Dukuh dan Kepala Sekolah Se-Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutan selamat datang Bupati Gunungkidul Hj. Badingah yang didampingi Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Immawan Wahyudi menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1438 H disertai dengan ikrar syawalan.

Selain itu dihadapan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan hadirin, Hj. Badingah juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan kemampuan yang dimiliki berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat. Ditambahkannya dengan dukungan berbagai pihak program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menampakan hasil salah satunya berdasarkan hasil survey ekonomi BPS Tahun 2016 dinyatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul  mengalami penurunan sebesar 2,34 % dan kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat.



“Tahun 2017 ini merupakan tahun pembangunan infrastruktur bagi Kabupaten Gunungkidul,yaitu Jembatan Watusigar di Ngawen dengan nilai sebesar 13 milyar, Pembangunan Rumah Sakit Type C di Saptosari senilai 16 milyar, pembukaan jalan baru ke Pantai Ngrenehan Saptosari senilai 22 milyar, juga pembangunan beberapa kantor untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat, puskesmas juga Rumah Sakit Umum Daerah”.kata Bupati Gunungkidul.

Pada akhir sambutannya Bupati juga menambahkan bahwa jajaran pemerintah dan masyarakat Gunungkidul saat ini sudah mempersiapkan diri untuk menyambut momentum dalam pembangunan pariwisata dengan dibangunnya New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulomprogo, selain itu pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Gunungkidul dapat terlaksana dengan baik berkat peran serta aparat TNI/Polri juga toleransi masyarakat yang tinggi sehingga tercipta suasana aman, nyaman dan kondusif di Gunungkidul.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam sambutannya menekankan pada dua hal yang harus menjadi perhatian jajaran pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat DIY pada umumnya. Pertama Gubernur menyampaikan keprihatinannya atas kejadian kenakalan remaja seperti geng motor dan lainnya yang rata-rata pelakunya melibatkan anak-anak usia SMP. Dengan adanya kejadian-kejadian tersebut, Raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini mengharapkan agar tidak melepaskan pengawasan kepada anak-anak dan hanya menyerahkan kepada guru serta sebagai orang tua dapat memberikan suasana rumah tangga yang nyaman sehingga anak betah untuk tinggal di rumah.



Lebih lanjut, Ngarso Dalem berpesan orang tua apabila terjadi kesalahpahaman hendaknya dapat diselesaikan diselesaikan ibu bapaknya dengan masuk kamar dan anak jangan sampai mendengarnya.

Pergaulan remaja diluar rumah saat ini juga perlu mendapatkan perhatian yang serius dari orang tua, dengan adanya teknologi seperti handphone agar dapat dimanfaatkan orang tua untuk memantau keberadaan anak-anak selama diluar rumah.

Mensikapi maraknya kasus tersebut, Gubernur mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk menggiatkan program “Jaga Warga” sehingga permasalahan atau kesalahpahaman timbul dimasyarakat dapat diselesaikan oleh masyarakat bersama pemerintah desa dibantu oleh babinkamtibmas dan babinsa kecuali apabila terjadi pelanggaran pidana diserahkan kepada polisi.

“Gubernur, Bupati dan Walikota adalah pembina wilayah dan tim pembina teritorial, Polisi dan TNI membantu Pak Lurah, Pak Camat, Pak Walikota dan serta Bupati membantu Gubernur tempatken pada proporsinya,”.kata Sri Sultan. “ Kepala daerah penanggung jawab wilayahnya, kalau merasa tidak mampu, lurah tidak mampu lapor camat, kalau camat tidak mampu lapor bupati/walikota dan Bupati/Walikota tidak mampu lapor Gubernur atau ke Wakil Gubernur kami menelusuri tidak ada masalah, perkara bawa polisi dan TNI tidak ada masalah tapi bukan tanggungjawab mereka kalau tidak ada pelanggaran pidana”.imbuhnya.

Yang kedua pembangunan bandara di Kulonprogo sudah berfungsi pada tahun 2019 mendatang, diharapkan pembangunan JJLS sebelum bandara selesai, JJLS sudah selesai dengan harapan Gunungkidul yang mempunyai jarak cukup jauh ada akses kemudahan dan dapat dijangkau sehingga tidak perlu melewati kota cukup melewati JJLS yang menyusuri pantai bagi wisatawan dari bandara ke Gunungkidul maupun sebaliknya.

Dengan keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) maka akan banyak wisatawan asing maupun nusantara yang dengan mudah masuk ke semua wilayah di DIY, sehingga perlu untuk disikapi oleh semua wilayah di DIY untuk mengembangkan potensi pariwisatanya.



 


Acara diakhiri jabat tangan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY yang didampingi istri yang diawali Bupati Gunungkidul beserta Forkompimda Gunungkidul diikuti semua tamu undangan yang menghadiri acara syawalan di Pendopo Sewokoprojo, Wonosari.(tim_ikp*)

 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar