Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  87       Komentar  0
19 April 2017 20:56:42

Sesederhana pun Sarananya Aduan Harus Dikelola


Dalam era keterbukaan infornasi publik saat ini sudah merupakan kewajiban badan publik untuk mengelola aduan masyarakat. Meskipun sarana yang dimiliki masih sangat sederhana. Demikian dikatakan Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul Asih Triwahyuni, S.STP, Msi pada saat rapat koordinasi pelaksanaan pelayanan publik di Ruang Rapat V Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Rabu (19/4).

“ Setiap lembaga publik memiliki keharusan menyampaikan informasi yang harus diketahui oleh publik, mempunyai standar operasional dan standar pelayanan minimal, dan mematuhi standar operasional yang telah dibuat,” tegas Asih.

Lebih lanjut Asih menyampaikan tentang pengawasan yang dilakukan Lembaga Ombudsman RI terhadap pelayanan kepada masyarakat oleh lembaga publik. Pengawasan Lembaga Ombudsman antara lain melalui laporan masyarakat, pemberitaan media massa, review sistemik, inspeksi mendadak dan observasi pelayanan publik.

Asih juga menambahkan bahwa Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017 telah menyelesaikan tahapan penetapan Top 99. Penetapan itu dilakukan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017 tentang Penetapan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017. Pada kompetisi yang diadakan tahun ini, tercatat 3.054 inovasi pelayanan publik yang terdaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SiNovik). Animo instansi untuk mengikuti kompetisi ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014, ada 515 inovasi yang dikompetisikan dan menghasilkan Top 99 dan Top 9. Pada 2015, meningkat menjadi 1.184 inovasi. Sementara tahun 2016, jumlah peserta meningkat menjadi 2.476 inovasi

"Gunungkidul termasuk salah satunya yang masuk Top 99, yaitu melalui Ayunda Si Menik (ayo tunda usia menikah) dari UPTD Puskesmas Gedangsari II," kata Asih.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Gunungkidul Hadi Hendro Prayoga, SIP, menyampaikan bahwa selain informasi yang dikecualikan, maka setiap lembaga yang mendapatkan anggaran dari negara, baik APBN, APBD Propinsi maupun APBD Kabupaten wajib menyampaikan informasi yang dimiliki dan yang dikelola kepada masyarakat. Hal ini merupakan amanat dari UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Dengan media yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, masyarakat dapat mengajukan permintaan informasi, aduan, ataupun laporan. Yang penting menyertakan identitas yang jelas,” tambahnya.

Adapun media yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan informasi ataupun aduan antara lain melalui email lapor@gunungkidulkab.go.id, atau WhatsApp ke 0811-2645-882.(Tim_IKP*)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

 

17 Apr 2017 s.d 22 Apr 2017
Festival Kethoprak se Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Gedung Kesenian Baleharjo Wonosari Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar