Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  243       Komentar  0
02 Juli 2018 15:28:18

Wakil Bupati Membuka Sarasehan dan Dialog Nasional


Gunungkidul – Salah satu rangkaian kegiatan peringatan Sewindu Desa Wisata dan Satu Dasa Warsa BUMDesa Bleberan adalah menyelenggarakan Dialog dan Sarasehan Nasional dengan tema “Merawat Bumi Untuk Kesejahteraan Bersama”, Senin, (02/07).



Dialog dan sarasehan ini diselenggarakan di Balai Desa Bleberan, dibuka oleh Wakil Bupati, Dr. H. Imawan Wahyudi, M.H., dengan key note speaker Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Perdesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Dr.Vitria Ariani, A.Par., PG.Dipl., M.Sc., Sekretaris Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Drs. H. Muklis, M.Si., bersama empat panelis yaitu, I Gde Ardika selaku tokoh pariwisata, Ir. Asep Sugiharta, M.Sc., Kadupdib Panas Bumi dan Karbon Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ir. Hanang Samodra, M.Si., Peneliti Badan Geologi Kementerian ESDM, Sunaji Zamroni, M.Si.,Direktur IRE Yogyakarta.

Wakil Bupati saat memberikan sambutan mengatakan, Pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung acara Dialog dan Sarasehan Nasional ini, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat semakin mengangkat obyek wisata diwilayah Desa Bleberan dan obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul pada umumnya, serta sebagai bagian langkah konkrit untuk mewujudkan visi Kabupaten Gunungkidul yaitu “Mewujudkan Gunungkidul Sebagai Daerah Tujuan Wisata yang Terkemuka dan Berbudaya Menuju Masyarakat yang Berdaya Saing, Maju, Mandiri, dan Sejahtera”.

 



Kebijakan pengembangan obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul adalah pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism) yang menekankan pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat melalui kelembagaan Desa (BUMDesa) yang diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesehjateraan masyarakat. BUMDesa Desa Wisata Bleberan telah menorehkan prestasi yang membangun yaitu mendapatkan penghargaan terbaik dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sebagai Desa Wisata Terbaik Tahun 2017 dengan kategori BUMDesa dengan nilai omset di atas Rp 1 Miliar Rupiah. Hal tersebut dapat tercapai berkat kerja keras, usaha, daya upaya, kegigihan, ketekunan, keuletan, kerjasama, serta sinergi berbagai pihak dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat, “dengan demikian saya berharap seluruh elemen yang terlibat agarselalu menjaga soliditas kebersamaan, gotong-royong, guyup rukun”, tegas Immawan.

Dalam promosi wisata diminta agar terus ditingkatkan dengan berbasiskan aplikasi teknologi informasi yang berisikan semua informasi tentang obyek wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul, dengan memanfaatkan Sistem Informasi Desa (SID) yang sekarang sudah dikembangkan dengan branding SIDA SAMEKTA (Sistem Informasi Desa Sarana Mewujudkan Dssa Aktif dan Sejahtera) dan SIKAB GUMREGAH (Sistem Informasi Kabupaten Guna Mewujudkan Masyarajat Gunungkidul Sejahtera) sebagai untuk promosi wisata yang efektif dan efisien disamping untuk pelayanan public, jurnalisme warga, dan pemutakhiran data kemiskinan serta sebagai media unntuk mempromosikan geosite geopark Gunungsewu.



Dengan berkembangnya Obyek Wisata diharapkan tenaga kerja dari Kabupaten Gunungkidul mampu terserap berkiprah dan mengabdikan dirinya di Gunungkidul,dan dapat menekan angka urbanisasi tenaga kerja produktif ke kota serta sebagai bagian program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati juga menyerahkan cindera mata kepada para key note Speaker dan panelis, dilanjutkan paparan serta dialog.

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar