Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  54       Komentar  0
09 November 2017 21:26:45

Audiensi Janaloka


Gunungkidul - Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya untuk memperoleh aspirasi dari tingkat bawah, salah satunya dengan cara melaksanakan audiensi. Rabu (09/11) Sekretaris Daerah Kab. Gunungkidul, Ir. Drajad Ruswandono, M.T. dan Ketua DPRD Suharno, S.E., didampingi, Kepala DP3AKBPMD, Sujoko, S.Sos., M.Si., Inspektorat Daerah, dan Disdukcapil, menerima Paguyuban Dukuh se-Kabupaten Gunungkidul yang tergabung dalam wadah JANALOKA, di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari dalam rangka pelaksanaan audiensi.
Drajad Ruswandono dalam mengawali acara audiensi, menyampaikan selamat datang kepada kepada paguyuban Dukuh, dan mengajak kepada Janaloka untuk terus maju membangun Gunungkidul untuk mencapai visi dan misi pemetintah daerah di tahun 2021. "Dengan adanya bandara yang baru NYIA dengan penerbangan  rute internasional. diharapkan akan membawa dampak positif perkembangan wisata di Gunungkidul, dan kita terus membenahi master plan pariwisata yang ada". Ini semua akan terwujud dengan bantuan juga dorongan dari Janaloka serta warga masyarakat secara umum. Gunungkidul harus terus berbenah diri, dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Pemerintah daerah menyambut baik jika ada gagasan yang positif atau ada hal yang lain dari Janaloka, yang bersifat untuk kesejahteran dan kemajuan Gunungkidul,  akan tetapi yang terpenting mari segera kita samakan persepsi untuk mewujudkan visi dan misi di tahun 2021, untuk Gunungkidul yang toto, titi, tentrem kerto raharjo. "Tidak akan ada hal yang tidak tercapai dan terpecahkan jika diskudikan secara bersama-sama", tegasnya.
Dilanjutkan dengan audiensi dengan materi yang diajukan oleh paguyuban Janaloka diantaranya : Pemdes adalah penyelenggara urusan pemerintahan maka konsekuensi yuridis yang diterima oleh perangkat Desa adalah sama dengan penyelenggara Pemerintahan lainnya, termasuk hak dan kewajibannya; tatacara pemberhentian perangkat desa dan kepala desa harus berdasarkan UU No 6 2014; prosedur pembuatan dan pengurusan KTP, KK dan dokumen kependudukan lain agar disederhanakan untuk mengurangi beban masyarakat; pengelolaan Danais sesuai UU No. 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, diharapkan Pemkab bisa mendorong pengelolaan Danais langsung ke Desa dan Padukuhan melalui APBDes; Pemkab agar menganggarkan dana pendidikan beasiswa bagi perangkat desa dan kepala desa; untuk meningkatkan SDM, BPJS dan jaminan kesehatan untuk perangkat desa dan kepala desa ditanggung oleh Pemkab dan berlaku seumur hidup; bagi masyarakat yang belum memiliki BPJS, pemerintah agar jemput bola tidak menunggu masyarakat yang mencari, dan agar ada penyesuaian untuk penghasilan penghasilan tetap beserta tunjangan keluarga.
Kemudian dilanjutkan tanggapan dari Ketua DPRD, bahwasanya hal-hal yang dilakukan tidak boleh lepas dengan aturan, salah satunya penghasilan dukuh yang sudah diatur dalam undang-undang, tujuan menjadi dukuh adalah pengabdian, harus mengayomi, dan ngopeni serta melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang sudah diatur. Tugas Dukuh mengayomi dan memfasilitasi kepentingan masyarakat, termasuk pembuatan dokumen administrasi kependudukan dan lain sebagainya. Sedangkan gaji perangkat desa masih merujuk UMR dan belum bisa menyesuaikan gaji seperti PNS dikarenakan regulasi. Dukuh di masa dulu sebagai jabatan politis karna dipilih rakyat, namun berdasar UU No. 6 2014, dukuh adalah pembantu kepala desa, hak-haknya untuk mendapatkan gaji sudah diatur berapa persennya dari gaji kepala desa.
Kegiatan ditutup sekretaris daerah dan menghimbau kepada seluruh dukuh agar tetap terus semangat berkarya sebagai pemacu positif pembangunan di Kabupaten Gunungkidul.(tim_ikp)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar