Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  195       Komentar  0
27 Desember 2016 09:02:17

Bupati bersama Warga Resmikan Balai Padukuhan Pandanan Dengan Menggelar Wayang Kulit


Gunungkidul – Keberadaan balai padukuhan merupakan salah satu sarana prasarana umum yang cukup penting dan strategis. Fungsi strategis Balai Padukuhan sebagai tempat aktivitas warga dan berlangsungnya kegiatan rembug masyarakat diberbagai bidang. Pemerintah Daerah menyambut positif setiap upaya serta kemandirian masyarakat ditingkat padukuhan didalam usahanya untuk memiliki tempat yang layak untuk melakukan kegiatan menampung aktivitas warga ditingkat padukuhan. Semangat gotong royong serta kemandirian masyarakat adalah modal sosial yang penting dalam setiap proses pembangunan, karena keberhasilan program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dimasyarakat sebagian besar disukung oleh semangat partisipasi dan jiwa gotong royong masyarakat.





Seperti halnya partisipasi masyarkat Padukuhan Pandanan, khususnya dalam kegiatan pembangunan sarana prasarana fisik pembangunan Balai Padukuhan, yang diresmikan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos., minggu (26/12/2016) pukul 20.00 Wib bertempat di Balai Padukuhan Pandanan Desa Sumberejo Kecamatan Semin. Menurut laporan ketua panitia peresmian, Suwarto menjelaskan bahwa pembangunan Balai Padukuhan bejalan selama tiga tahun dan menghabiskan biaya Rp. 385.895.000.000,- dengan luas tanah 230 m2 bersertifikat, dibangun secara swadaya murni baik warga yang tinggal di Padukuhan Pandanan maupun warga pandanan yang merantau atau berdomisili diluar Pandanan. Saya sangat besyukur saat ini semua kegiatan warga seperti kegiatan PKK, Posyandu, Karang Taruna dan kegiatan kelompok lainya sudah terselenggara di Balai Padukuhan yang baru ini, dalam kesempatan ini warga menyampaikan permohonan kepada Pemerintah Daerah, antara lain rehab jalan desa yang melintasi balai padukuhan dan gamelan karena Padukuhan Pandanan merupakan pelaku seni yang sampai saat ini masih diuri-uri, imbuhnya. Disela kegiatan Camat Semin juga menyampaikan terbangunnya balai padukuhan ini adalah wujud gotong royong warga masyarakat, semoga lestari, dan wujud rasa syukur warga masyarakat pandanan, peresmian balai padukuhan ini dengan menggelar hiburan wayang kulit dengan dalang Dr. Suyanto, SH. MH  Kepala Pengadilan Negeri Denpasar Bali, beliau adalah warga padukuhan Pandanan, Sumberejo, Semin yang bertugas di denpasar, Bali.

Dalam sambutanya Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh warga Padukuhan Pandanan atas keberhasilannya membangun balai Padukuhan yang baik dan representatif, juga kepada seluruh jajaran Perangkat Desa Sumberejo yang telah mampu mendorong dan melestarikan semangat kemandirian serta semangat kegotong royongan masyarakatnya. Diharapkan warga dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya didalam kegiatan rembug padukuhan dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainya, dengan memiliki rasa handarbeni yang kuat, merawat, menjaga sarana prasarana yang ada.



Turut hadir dalam acara peresmian Balai Padukuhan Pandanan, Kabag Humas dan Protokol Agus Kamtono, Kabag Pemdes Siswanto, Camat Semin beserta Unsur Forkompimca Kecamatan Semin, serta rekan-rekan dalang Dr. Suyanto, SH, MH., antara lain Kepala Pengadilan Negeri Sleman, Kepala Pengadilan Negeri Sukoharjo, Kepala Pengadilan Negeri Wonosobo, Kepala Pengdilan Negeri Muara Berlian Jambi, Kepala Pengadialn Negeri NTT, Kepala Pengadilan Negeri Banjarmasin, para Hakim Pengadilan Negeri Denpasar Bali, Jakarta Pusat, dan Temanggung, Panitera Pengadilan Negeri Semarang, Kapolres Sleman dan tamu undangan tokoh masyarakat beserta warga. (marno/edt.hari)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar