Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  217       Komentar  0
10 Mei 2017 18:19:44

Menghabiskan anggaran 6 M, Pasar Trowono Diresmikan Bupati


Gunungkidul - Pasar merupakan salah satu sentra penggerak perekonomian masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Perhatian Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terhadap hal ini diwujudkan dengan program pembangunan yang ditujukan untuk merevitalisasi infrastruktur dan fasilitas pendukung pasar tradisional sehingga menjadi tempat yang layak untuk kegiatan perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah Pasar Trowono, Kecamatan Paliyan, yang diresmikan oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos. pada Rabu, (10/05).

Turut hadir dalam acara peresmian pasar tersebut anggota DPRD, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Direktur PT Bank BPD DIY, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Satuan Pol PP, Kepala Dinas PU dan Perumahan Rakyat, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, unsur Muspika Kecamatan Paliyan, dan tamu undangan.

Dalam laporannya Kepala Disperindag menyampaikan bahwa dari tahun ketahun Pemerintah Daerah berupaya memperbaiki pasar tradisional yang ada dengan harapan pasar-pasar yang ada akan segera bisa memenuhi standar nasional.

Pasar Trowono menempati lahan seluas 5.805 m2, luas bangunan 2.398 m2. Jumlah pedagang sebanyak 585, terdiri dari 465 pedagang tetap dan 123 pedagang kaki lima. Pasar Trowono mempunyai 11 unit los, 31 unit kios, kantor dua lantai, toilet 3 unit, tempat sampah 1 unit, mushola satu unit, tempat parkir, dan tempat bongkar muat barang. Pasar Trowono direvitalisasi pada tahun 2016 dengan dana tugas pembantuan Kementrian Perdagangan RI sebesar Rp. 5.805.000.000., dan APBD Kabupaten Gunungkidul Tahun Anggaran 2017 sebesar 200.000.000.,- .





 

" Untuk penyempurnaan pasar yang memenuhi standar SNI masih diperlukan anggaran kurang lebih dua miliar yang akan diperuntukkan pembuatan talud di belakang pasar, pagar pengaman, perkerasan pelataran dalam, saluran sanitasi. dan ruang khusus menyusui anak, " tambahnya.

Disperindag sengaja melibatkan PT Bank BPD DIY untuk menggerakkan dan memajukan para pedagang yang ada, guna membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir.

Direktur PT Bank BPD DIY Bambang Setiawan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih telah ikut dilibatkan dalam memajukan perekonomian masyarakat Gunungkidul. " PT Bank BPD DIY siap membantu melalui kredit UKM dengan memberikan suku bunga yang sangat rendah, ini adalah wujud nyata peran serta memajukan dalam kesejahteraan rakyat. Mudah-mudahan Pasar Trowono menjadi tempat mencari rezeki yang barokah, "jelasnya.

Dalam sambutannya Bupati Badingah, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus memberikan perhatian dan keberpihakan pada pengembangan perekonomian masyarakat pedesaaan, melalui pengembangan pasar-pasar tradisional yang ada, baik dalam bentuk fasilitas fisik maupun pada sisi penataan dan koordinasi yang baik antara seluruh pemangku kepentingan pasar. " Pemerintah Daerah berharap pasar tradisional di Gunungkidul secara fisik maupun pola penataanya akan mampu berkompetisi dengan pasar modern dan tetap lestari, dengan mengutamakan nilai-nilai yang berbasis kearifan lokal, dan menjadi pasar yang dapat mengakomodasi transaksi perdagangan produk-produk lokal, "tegasnya.

Acara dilanjutkan penyerahan bantuan sarana dan prasarana kebersihan pasar dari Direktur Bank BPD DIY kepada Bupati dan dilanjutkan diserahkan kepada Kepala Disperindag Gunungkidul. (tim_ikp*/foto:marno)





Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar