Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  280       Komentar  0
04 Agustus 2018 23:55:44

BPBD: Pemerintah Daerah Siap Bantu Air Bersih Bagi Warga Mayarakat Yang Terdampak Kekeringan


Gunungkidul - Memasuki musim kemarau sejak beberapa waktu yang lalu, masih menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah Gunungkidul berkaitan dengan ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat. Akan tetapi wilayah yang terdampak kekeringan dalam musim kemarau tahun ini tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut, dikarenakan sebagian besar wilayah Gunungkidul sudah terjangkau aliran air baik dari PDAM, Spamdes maupun Spamdus.



Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu, (04/08) malam, mengatakan musim kemarau tahun ini sudah mulai dropping air di wilayah kecamatan yang memang mengalami kesulitan air bersih, “BPBD siap dropping air bersih kapanpun kepada warga masyarakat, dengan catatan ada permintaan, jika ada permintaan kami prioritaskan dan segera kita dropping” terang Edy.

Dijelaskan pula bahwa ada informasi di Padukuhan Jambu, Kecamatan Ngawen dan Padukuhan Banyu, Rejosari, Kecamatan Semin, mengalami darurat air bersih, akan tetapi sampai dengan saat ini belum ada laporan atau permintaan yang masuk ke BPBD. “Kecamatan Ngawen ada permintaan dropping di Desa Sambirejo, dan sudah dropping minggu yang lalu, sedangkan di padukuhan  Kaliwuluh, Jurangjero, Ngawen, mengajukan permintaan hari ini dan akan kita kirim senin, mengapa harus hari senin, karena ketebatasan armada dan menunggu antrian yang sudah masuk sebelumnya. Namun demikian, untuk Kecamatan Semin sampai dengan detik ini belum ada permintaan”, ungkapnya.



Mendekati musim kemarau pemerintah daerah, BPBD telah menggelar rakor kekeringan yang diikuti seluruh Kasi Kesos Kecamatan, PDAM, dan Paguyuban Air Minum Masyarakat Yogyakarta (Pamaskarta) pengelola Spamdes dan Spamdus. Dari hasil rakor tersebut, sesuai data dari desa dan kecamatan, untuk wilayah Kecamatan Semin tidak masuk dalam daftar wilayah kekeringan. “Jika saat ini mengalami kekeringan akan dilakukan pantauan ke lokasi, dan bila ada permintaan dropping dari desa yang diketahui camat pemerintah daerah akan segera melakukan dropping, karena sudah menjadi kewajiban pemerintah melayani warga masyarkatnya”, lanjut Edy.

Dijelaskan juga bahwasannya, Bupati Gunungkidul, jauh hari sebelum memasuki musim kemarau agar instansi terkait segera menginvetarisir wilayah-wilayah yang sekiranya akan mengalami kesulitan air bersih agar dapat segera dipenuhi, baik dengan anggaran yang sudah disiapkan maupun dari pihak-pihak yang lain. “Dan kami menghimbau kepada warga masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih/kekeringan agar segera melaporkan sesuai dengan prosedur, agar segera bisa ditindak lanjuti”, pungkasnya.



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar