Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Inovasi Layanan


Dilihat  260       

Inovasi Layanan Informasi Publik

Kabupaten Gunungkidul

 

                Kabupaten Gunungkidul yang ber-Ibu kota di Wonosari merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak 39 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul adalah 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara administratif, Kabupaten Gunungkidul terbagi menjadi 18 Kapanewon yang meliputi 144 Kalurahan dan 1.431 padukuhan.

                Mengacu pada visi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, “Terwujudnya Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Gunungkidul yang Bermartabat Tahun 2026” dan Mendukung pelaksanaan Misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yaitu “Mewujudkan tata pemerintahan yang berkualitas dan dinamis; Meningkatkan pembangunan manusia dan keunggulan potensi daerah.” Dengan Tujuan: Terwujudnya Pembangunan Ekonomi kerakyatan dan peningkatan investasi Dan Sasaran: Pembangunan kawasan terintegrasi dan berkelanjutan.

                Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang baik mendukung pelaksanaan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Misi ini adalah upaya Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan tata pemerintahan dengan berlandaskan asas prinsip good governance melalui sinergisme antar stakeholders pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam rangka pengelolaan dan manajemen pembangunan daerah. Prinsip yang menjadi landasan good governance.

                Guna mencapai Pelaksanaan Pengelolaan Pengaduan Publik yang baik, Untuk melaksanakan misi tersebut, salah satunya adalah menjalankan pelayanan Informasi Publik dengan baik. Hal ini juga sebagai bentuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik, layanan diselenggarakan secara langsung (tatap muka) dan tidak langsung (online). Untuk mendapatkan layanan secara langsung, masyarakat ( pemohon informasi) dapat mengunjungi Desk Layanan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso No.1, Kec. Wonosari, lantai 2 Gedung Setda 2, lokasi dapat ditemukan di Google Maps. Layanan secara tidak langsung dapat melalui saluran komunikasi yang kami sediakan di website Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, informasi lokasi pada Google Maps dan juga disediakan layanan online yang dapat diakses melalui ppid.gunungkidulkab.go.id.

                Dalam keberlangsungan layanan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah melaksanakan dan terus berkomitmen memberikan dukungan sebagai berikut:

  1. Dukungan anggaran dengan penyediaan anggaran untuk pelaksanaan Layanan Publik termasuk didalamnya Layanan Informasi Publik diseluruh perangkat Daerah (PPID pembantu)
  2. Dukungan SDM: Penataan SDM dan penyedian petugas pengelola layanan SDM di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah yang ditegaskan dengan penerapan penilaian Tambahan Penghasilan Pegawai dan sudah diatur dalam surat edaran Sekretaris Daerah 555/0485 Tahun 2021.
  3. Dukungan Ketersediaan Layanan Online dengan Pengelolaan terpadu melalui aplikasi ppid.gunungkidulkab.go.id
  4. Ketersediaan Sarana dan Prasarana penyediaan Desk Layanan dan juga inisiasi desk layanan standar di tiga kecamatan
  5. Dukungan teknologi dengan pengembangan infrastuktur TIK yang telah mengcover seluruh perangkat daerah dan pengembangan sistem elektronik Layanan Informasi Publik online
  6. Penetapan Nomor Layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Layanan Informasi  dengan nomor 08989293008 (Whatsapp).

                 Selain hal tersebut untuk menjaga keberlanjutan layanan dan keselarasannya dengan seluruh aspek yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik maka:

  1. Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi Dan Dokumentasi telah ditetapkan
  2. Saling keterkaitan antar PPID Pembantu, PPID Utama dan atasan PPID ditetapkan dalam Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 218/KPTS/2019 Tentang Perubahan Atas Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 134/KPTS/2017 Tentang Susunan Pengelola Layanan Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul
  3. SE Nomor : 555/0485 Tentang Pengelolaan Informasi Sebagai Indikator Penerimaan Tambahan Penghasilan Pegawai Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul
  4. Dalam Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengatur salah satunya tentang Capaian Prestasi Kerja Perangkat Daerah
  5. Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 174/KPTS/2021 tentang Penetapan Nomor Layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Layanan Informasi Publik.

inovasi PPID

0

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing