Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Pemkab

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  141       Komentar  0
30 Mei 2020 09:05:12

Bupati Monitoring Kawasan Pantai Dampak Gelombang Tinggi


Gunungkidul -  Gombang tinggi yang terjadi di sepanjang pesisir pantai Gunungkidul  sejak tgl 26 sampai 29 Mei 2020 mengakibatkan bangunan lapak pedagang juga gazebo di pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, mengalami kerusakan.

Untuk mengetahui kondisi kawasan pantai  Bupati Hj. Badingah, S.Sos melaksanakan monitoring di sejumlah  pantai meliputi Pantai Somadeng, Pantai Slili dan pantai Sepanjang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Ir.Asti Wijayati, MA., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kelik Yuniantoro, S.Sos.,M.M., Kepala Bakesbangpol Drs. Wahyu. Nugroho, M.Si., Kepala BPBD Edy Basuki, M.Si, Camat Tepus Alsito, S.Sos. Jumat (29/05).



Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono mengatakan bahwa, Kenaikan gelombang yang terjadi pada 4 hari tersebut puncaknya pada tgl 29 Mei pukul.01.00 Wib. Dampak dari kenaikan gelombang tersebut menimbulkan lapak - lapak pedagang banyak yang mengalami rusak ringan maupun berat. Kemudian, untuk kapal-kapal nelayan, sebelum kenaikan gelombang terjadi, pihaknya telah menginformasikan kepada nelayan sehingga kapal nelayan dinaikkan ke daratan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Bupati Gunungkidul  Hj..Badingah mengatakan " Hal ini merupakan siklus tahunan yang terjadi setiap satu tahun sekali.  Disisi lain, dengan adanya kenaikan gelombang ini pantai akan menjadi bersih, Karena istilah jawa ini nyapu atau membersihkan pantai dan ini memang siklus tahunan," katanya.

Dalam melakukan kunjungan di tiga lokasi Pantai ini, untuk memastikan adanya kerusakan dari aset Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tentunya, jika telah terjadi kerusakan pihaknya akan memperhatikan meskipun anggaran sangat minim. selain itu kita juga memberikan dorongan semangat kepada masyarakat di pesisir pantai, seperti Pokdarwis maupun SAR.



Bupati  Hj. Badingah, S.Sos juga memberikan bantuan permakanan untuk mengadakan kerja bakti bersih-bersih pantai, lantaran banyak pasir-pasir yang telah menutup jalan yang dapat membahayakan para pengendara yang melintas khususnya pengendara sepeda motor.

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing

Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar