Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  324       Komentar  0
08 Mei 2019 15:27:22

Gubernur Sri Sultan HB X Tinjau Proyek Air Bersih Jambe, Desa Bleberan.


Gunungkidul - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau Proyek pembangunan Desa Percontohan Saemaul Sumber Air Jambe di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul yang merupakan Lokasi Program Saemaul Globalization Foundation (SGF) Korea, Rabu (8/5). 



Suasana Peninjauan Lokasi Program Saemaul

Proyek ini merupakan alih  teknologi pengelolaan sumber air bersih (PAB) dari semula menggunakan tenaga diesel menjadi tenaga listrik, bantuan Saemaul Globalisation Foundation (SGF) meliputi pemasangan tiang listrik dari sumber mata air serta menyambungkan listrik (PLN)



Gubernur DIY meninjau UMKM di Desa Bleberan

 

Sultan HB X  pada saat meninjau proyek tersebut mengatakan  potensi air bersih di Gunungkidul sangat besar, baik dari sungai maupun mata air. "Sumber air di Bleberan yang dikeluarkan baru 16 liter per detik dari potensi 80 liter per detik karena untuk menjaga lingkungan tetap terjaga dan tidak rusak," katanya.

Ia mengatakan sumber air di Bleberan dimanfaatkan untuk 10 ribu kepala keluarga  dari potensi untuk 16 ribu kepala keluarga.

"Kalau kebutuhan air di Desa Bleberan sudah tercukupi, bisa dialirkan ke desa lain. Kalau berlebihan kapasitas, namun  semua tergantung potensi dan kemampuannya,". Ujar Sultan.

Selain melakukan kunjungan di sumber air bersih Jambe, Sultan juga menyempatkan diri meninjau Greenhouse Tanjung, kelompok budidaya jamur dan gedung serba guna Saemaul.

Direktur Saemaul Globalization Foundation (SGF) Office Indonesia, Hong Seunghoon, mengatakan  selain proyek air bersih juga telah membangun 2 greenhouse di Desa Bleberan. Pembangunan greenhouse tersebut digunakan untuk proses pembibitan beberapa jenis tanaman. Diharapkan dapat dikelola secara maksimal kedepan dapat mendukung program pertanian warga.

“Kami SGF bersama warga juga telah membangun 40 kelompok budidaya jamur di Padukuhan Sawahan Bleberan serta 3 gedung serba guna di Desa Sumbermulyo, Desa Ponjong dan Bleberan”, jelasnya.

Acara dilanjutkan dialog dengan warga masyarakat dari unsur kelompok tani, kelompok budidaya jamur, pengelola Bumdes di  Balai Desa Bleberan. Ketua Bumdes Bleberan Suharto, SH  di hadapan Sultan, menyampaikan beberapa permohonan yakni, dukungan pemanfaatan air bersih agar dapat menjadi air kemasan dan sarana jalan menuju sumber air bersih.

Menanggapi hal tersebut Gubernur DIY, menyampaikan sangat mendukung apapun yang menjadi program masyarakat. Akan  tetapi semua harus sesuai dengan peraturan yang ada. “Seperti halnya pembangunan jalan, jika jalan tersebut merupakan jalan desa maka yang itu menjadi kewajiban pembangunan dan merawat adalah desa. Jika provinsi yang membangun pasti akan bermasalah di belakang”, terangnya.

Sultan berharap agar kerjasama ini dapat berkelanjutan karena banyak manfaat untuk masyarakat. Bukan hanya latihannya yang membawa manfaat tapi yang dilatih juga antusias, bukan hanya dari aspek  foundationnya saja tetapi dari fundamental  nantinya akan meningkatkan kesejahteraan.

Gubernur DIY mengharapkan Proyek ini dapat mempercepat proses pembangunan, supaya masyarakat cepat mendapat fasilitas air bersih serta dapat menuntaskan  problem kebutuhan air bersih  dan penuntasan program stop BABS.

Di sela acara dialog Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Gubernur. Diakuinya kehadiran Sri Sultan HB X, akan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan warga masyarakat. Dijelaskan  Pemerintah Daerah terus berupaya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun Gunungkidul, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dalam mengurangi angka kemiskinan. 

“Kami berharap kerjasama dengan SGF ini akan berkelanjutan dan semoga membawa manfaat bagi SGF sendiri dan warga masyarakat Gunungkidul”, pintanya. (*tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

15 Mei 2019 s.d 29 Jun 2019
Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul Ke-188 Tahun 2019
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

24 Apr 2019
Peresmian Bedah Rumah Program Bansos
Lokasi:

 

22 Apr 2019 s.d 30 Apr 2019
Info Kegiatan Hari Kartini 2019
Lokasi: Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar