Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Pemkab

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  5       Komentar  0
19 Juni 2022 14:11:08

Bupati Resmikan Wisata Edukasi dan Keluarga Lembah Desa Pulutan


 



Gunungkidul-BUMDes Badan Usaha Milik Desa Kalurahan Pulutan "Maju Mandiri" menggelar acara Grand Opening Wisata Edukasi dan Keluarga "Lembah Desa".

Dalam perjalanan pembangunannya, lokasi wisata sempat terhenti selama 3 tahun. Dengan koordinasi, sinergi dan kerja sama Kalurahan Pulutan dengan masyarakat akhirnya selesai.

Pembukaan Desa Wisata Edukasi dan Keluarga " Lembah Desa" dibuka secara seremonial oleh Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dengan menandatangai prasasti dan pemotongan pita, serta melakukan pembayaran secara virtual, Sabtu(18/06/2022).

Bupati juga turut didampingi oleh beberapa kepala OPD diantaranya kepala Dinas Kebudayaan Agus Mantara dan kepala Dinas Pariwisata Mohammad Arif Aldian serta lurah desa Pulutan.

Direktur BUMDes Kelurahan Pulutan Iskandar memaparkan wisata desa Pulutan ini mengusung konsep wisata edukasi, kuliner, dan alam, "Walaupun masih jauh dari kata layak untuk disebut desa wisata, kami tetap mengundang bapak Bupati untuk meresmikan harapannya bisa berkembang lebih baik kedepannya, " ucapnya.

Sedangkan lurah desa Pulutan Rusmiyanto menuturkan bahwa tempat wisata ini adalah bagian dari BUMDes "Maju Mandiri", " Harapannya dengan dibukanya wisata ini bisa menciptakan energi yang positif," ucap lurah.

Pengembangan wisata bersinergi dengan UMKM serta dengan Pokdarwis Kelompok Sadar Desa Wisata yang ada di desa Pulutan, dengan sebutan unik "Dewi Kapulut" Desa Wisata Kalurahan Pulutan yang harapannya bisa membawa kemajuan dan perubahan serta kontribusi untuk masyarakat.

Bupati Gunungkidul menyampaikan keberhasilan sebuah desa wisata tergantung pengemasan wisatanya seperti apa, harapannya pengelola desa wisata Pulutan ini bisa mengemasnya sedemikian rupa agar menarik.

"Pokdarwis bisa memanfaatkan media yang ada saat ini untuk mempromosikan desa wisata ini," ucapnya, Bupati juga berharap dengan potensi indahnya desa Pulutan ini bisa dimanfaatkan dengan baik agar bisa meningkat potensinya.

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing