Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  147       Komentar  0
11 Agustus 2019 13:59:15

Bupati Pantau Penyembelihan Hewan Kurban


Gunungkidul - Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., memastikan hewan kurban yang disembelih sehat dan layak dikonsumsi.



Usai melaksanakan Sholat Idul Adha Bupati bersama Dinas Pertanian dan Pangan  Gunungkidul melakukan monitoring penyembelihan hewan kurban, bersama sekitar 200 an personil  pemantau yang diterjunkan oleh DPP terdiri dari; Dokter Hewan PNS, THL, magang, praktisi, mahasiswa/dokter hewan muda sebanyak 77 orang, dan 132 karyawan DPP. Dari sekian personil yang diterjunkan memantau di 18 kecamatan yang ada.



Hal ini untuk memastikan bahwa hewan kurban dan dagingnya benar-benar sesuai standar kesehatan.



Tim pemantau akan memastikan bahwa pemotongan hewan kurban dilakukan pada tempat yang bersih serta proses penyembelihan dengan benar. Kemudian pencucian jeroan harus dipastikan tidak dilakukan di perairan umum atau sungai, namun supaya dibuat semacam Ipal agar tidak terjadi pencemaran.

"Seluruh tim akan memantau dan mengawasi saat penyembelihan  memastikan agar proses penyembelihan serta penanganan dagingnya sesuai prinsip kesehatan. Bila ditemukan cacing hati, kami minta agar agar bagian yang terinfeksi dimusnahkan, mengapa demikian karena untuk kebaikan masyarakat, dan alhamdulillah hewan-hewan kurban  di Gunungkidul semua sehat tidak ditemukan cacing hati, tidak ada indikasi antraks, semua baik, sangat layak dikonsumsi," kata Koordinator pemantau drh. Retno, Minggu, (11/08) siang.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Bambang Wisnu Broto, sejak  jauh hari, disaat hewan-hewan masih hidup Dinas melakukan upaya deteksi secara fisik maupun secara klinis, dengan cek suhu tubuh, sosialisasi bagaimana kebersihan saat sebelum penyembelihan hingga pelaksanaan penyembelihan. "Kemudian saat ini kita masih mendeteksi setelah disembelih terutama bagian paru, limpa dan hati, Alhamdulillah semua baik tidak ada yang terindikasi dengan penyakit.

Pada kesempatan ini Bupati memantau di 13 titik penyembelihan yakni; Masjid Al Ikhlas, Masjid Al Jihad, Masjid Nur Maunah, Masjid Al Iman, Masjid Syafinatunnajah, Ngreboh, Masjid Al Fatah, Darusallam, Al Baat, Al Aamiin, Puri Handayani, As Sallam, dan Grogol IV Bejiharjo.

Di Padukuhan Grogol IV, Desa Bejiharjo Bupati banyak meminta keterangan kepada Kepala Dukuh, dokter dan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan yang menjadi dinas teknis dalam hal ini. Bupati meminta agar daging kurban yang akan dibagikan benar-benar daging yang sudah dinyatakan layak konsumsi sesuai standar kesehatan. "Saya tidak ingin masyarakat kami menjadi masyarakat yang tidak sehat, jauh-jauh hari saya instruksikan kepada dinas terkait memantau, memeriksa hewan kurban yang akan disembelih, dan syukur Alhamdulillah saya sangat senang bahwa hewan ternak di Gunungkidul terutama sapi semua sehat, dan dokter memastikan layak dikonsumsi  tidak ada yang terkena antrax," jelas Badingah.

Dirinya menyebut sapi yang disembelih di Padukuhan Grogol IV adalah sapi milik warga. Untuk memastikan bahwa dua ekor sapi dan 20 ekor kambing tersebut benar-benar sehat, Badingah meminta agar dokter hewan memeriksa ulang organ yang sekiranya dapat dideteksi, seperti paru, limpa dan hati. Namun hingga selesai pemeriksaan dinyatakan semua sehat dan dapat dikonsumsi.

"Sejauh ini tidak ada yang terindikasi kena antraks, semuanya baik, tim ahli sudah menyatakan baik, lalu yang terpenting kami mengajak kepada warga masyarakat umat muslim mari kita selalu meningkatkan keimanan kita, dan selalu bersyukur agar kita selalu dalam lindungan dan selalu mendapatkan yang terbaik. Alhamdulillah hewan kurban dari masyarakat tahun ini meningkat, ini adalah sebuah ukuran bahwa masyarakat Gunungkidul semakin meningkat pula keimanannya, kepeduliannya, dan saya berharap distribusi daging akan tepat sasaran untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan," pungkas Bupati Badingah

Selain Kepala Dinas Pertanian dan Pangan turut serta mendampingi Bupati, Kepala Dinas Kominfo, Kelik Yuniantoro, dan Kabag Kesra. 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2019 s.d 31 Agu 2019
Event Agustus
Lokasi: Wonosari

 

17 Jul 2019 s.d 20 Jul 2019
Pertunjukan Rakyat
Lokasi: Alun- Alun Wonosari

 

17 Jul 2019 s.d 20 Jul 2019
Geopark Night Specta 4.0
Lokasi: Nglanggeran, Patuk

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar