Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Pemkab

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  154       Komentar  0
21 Mei 2020 14:13:17

Penandatanaganan MOU dan Perjanjian Kerjasama UGM dan Pemkab tandai Penggunaan Wisma Wanagama sebagai Rumah karantina Covid-19 Reaktif.


Gunungkidul-Penanda tanganan Kerjasama antara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul di laksanakan di gedung pertemuan Wisma Kesambi Fakultas Kehutahan.  MOU UGM dan PKS kerjasama pemanfaatan wisma di wanagama untuk karantina bagi warga Kabupaten Gunungkidul yang reaktif dari rapid test di laksanakan antara rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono dengan Bupati Gunungkidul yang diwakili oleh Wakil Bupati Dr. Immawan Wahyudi, MH serta antara Dekan Fakultas Kehutanan UGM dan Sekretaris Daerah Ir. Drajad Ruswandono, MT. Kamis ( 21/05)



Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono mengucapkan terimakasih kepada Dekan Fakultas Kehutanan dan Pemerintah Daerah untuk kerjasama pemanfaatan fasilitas dan hutan dengan sangatbaik.

UGM tentu mendedikasikan hutan wanagama beserta fasilitas ini tidak semata-mata di peruntukan bagi sarana pendidikan mahasiswa UGM dan perguruan-perguruan tinggi dari luar, tetap ijuga berusaha sekuat tenaga bagaiaman pemanfaatan wanagama memiliki dampak langsung berupa manfaat bagi warga masyarakat dan pemanfaatan bagi Kabupaten Gunungkidul. Karena memang lokasi dan keberadaan hutan wanagama ini berada di  Wilayah Gunungkidul. selain sebagai tujuan pendidikan harapanya juga memilik itujuan lain yang lebih besar.

Saat ini Bangsa indoneisa sedang menghadapi bencana non alam berupa pandemic covid yang belum pernah di alamai sebelumnya, bencana yang sering ditemui adalah bencana alam. Untuk itu kerjasama dari semua pihak dalam menghadapi pandemic covid-19 harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Modal social berupa guyub rukun, rasa solidaritas di Daerah Istimewa Yogyakarta ini terbukti pada peristiwa tahun 2006, dimana modal social itu mampu menjadi peran dalam proses recovery atau pemulihan pasca bencana. Modal sosial ini dirasakan dapat berkontribusi proses pemulihan lebih cepat disbanding daerah lain di luar DIY. Untuk itu marilah modal sosial yang  ada ini harus kita jaga dan kita tingkatkan.



Keberadaan wisma yang ada di Wanagama ini mudahan-mudahan ruang dan fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, semoga bisa dirasakan lebih nyaman sehingga dapat mempercepat proses recovery.

Dalam penanganan meski tidak bisa secara cepat kita sebagai warga juga harus siap dengan keadaan sebagai upaya kembali ke keadaan newnormal, meski covid masih ada namun kita tetap mengedepankan protocol kesehatan.

Dengan kondisi wisma ini yang berada ditengah hutan dengan suasana keheningan dan tenang, udara masih sejuk dan nyaman, semoga dengan keadaan ini akan meberi dampak juga bagi yang terpaksa harus menjalani karantina dapat lebih cepat recovery  di imbangi dengan hati yang tenang. Tetapi yang terpenting adalah dengan membesarkan hati, bahwa penyakit ini bisa kita hadapi dengan sebaik-baiknya dengan suasana hati  yang tenang, terang rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono



Dr. Immawan Wahyudi, MH mewakili Bupati dalam amanatnya menyampaikan terimakasih dengan kerjasama antara Pemerintah Gunungkidul dan UGM dalam penggunaan sarana prasarana Fakultas Kehutanan UGM sebagai tempat karantina bagi masyarakat covid rapid tes treaktif. Dengan diberikanya keleluasaan penggunaan tempat ini bagi warga masyarakat,  berharap semua unsure dari pemda bisa berjalan dengan baik.

Wakil bupati juga sangat mendukung dan akan melanjutkan kerjasama antara UGM dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul  yang berkaitan dengan eduforest  tourism.

Penggunaan berbagai fasilitas yang ada tersebut seperti di ungkapkan rektor UGM tidak memberikan batasan waktu penggunaanya. Artinya bahwa gedung wisma beserta fasilitasnya tersebut dapat digunakan sampai benar-benarp enanganan covid-19 selesai dan tuntas.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Dr. Immawan Wahyudi, MH., Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono,  Dekan Fakultas Kehutanan  Dr. Budiadi, S.Hut.,  Sekretaris Daerah Ir. Drajad Ruswandono, M.T., Wakil Ketua DPRD Heri Nugroho, S.S., Komndan Kodim 0730/GK Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto,SH., Kapolres Gunungkidul, Kepala Dinas Kominfo Kelik Yuniantoro, S.Sos,M.M., Kepala BKAD Saptoyo, S.Sos, M.M., Kepala Bapedda Sri Suhartanta, S.I.P, M.Si., Kepala BPBD Edy Basuki, M.Si., Direktur RSUD dr. Heru Sulistyawati dan kepala OPD lainya.

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing

Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar