Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  1.169       Komentar  0
06 Juni 2019 21:08:44

Libur Lebaran Ke-2 Jumlah Pengunjung Wisatawan Ke Gunungkidul Mencapai 40 Ribu


Gunungkidul - Memasuki hari kedua libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kamis, (06/06) sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunungkidul sudah mulai dipadati pengunjung, terutama kawasan wisata pantai.



Suasana Antrian Tempat Pembayaran Restribsusi menuju pantai

Dikatakan Aris, salah satu ASN Dinas Pariwisata, yang melakukan pemantauan di TPR beberapa objek wisata menyampaikan jumlah pengunjung secara keseluruhan pada Rabu, (05/06) sebanyak 11.315, sedangkan jumlah pengunjung pada hari ini, sebanyak 40.773 pengunjung, dengan prosentase 93% di dominasi pengunjung kawasan pantai sedangkan yang 7% wisatawan non pantai diantaranya; Goa Pindul, Goa Cerme, Gunung Gambar, Green Village, Gunung Gentong, Sri Gethuk dan Nglanggeran.



Suasana OBWIS Pantai Baron, Kamis(06/06) Sore

"Artinya sudah ada kenaikan empat kali lipat dari libur lebaran hari pertama", terang Aris.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Dra.Asti Wijayanti, MA mengungkapkan libur lebaran tahun ini Dinas Pariwisata berharap, tamu yang berkunjung dapat menikmati libur lebaran di seluruh destinasi yang ada di Gunungkidul. "Di sisi lain masyarakat dan para pelaku jasa usaha wisata juga sudah siap menyambut para tamu dengan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga tamu makin terkesan dan akan melakukan kunjungan ulang ke Gunungkidul", tandasnya.

Pemerintah Daerah melalui Dispar menargetkan libur lebaran 2019 terhitung mulai 6 hingga 9 Juni 2019 jumlah kunjungan sebanyak 172 ribu dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) diperkirakan 1,3 Miliar.

Dengan mulai adanya lonjakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul diimbau agar pengunjung selalu menjaga keselamatan, mematuhi peraturan lalu lintas, membayar retribusi, menjaga kebersihan selama berada di obyek wisata, dan bisa menjalin komunikasi yang positif dengan masyarakat dan para pelaku jasa wisata, sehingga tidak muncul keluhan ataupun masalah pelayanan terhadap wisatawan, serta lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial.

Sementara Kepala SAR Pantai Baron, Marjono, menyampaikan kondisi gelombang pantai landai dan relatif aman bagi pengunjung, akan tetapi agar wisatawan tetap mawas diri selalu menjaga keselamatan masing-masing.

"Hanya saja saat ini ubur-ubur mulai mendarat, untuk itu kami minta agar wisatawan waspada,"

Dijelaskan Marjono, bahwa SAR selalu siap siaga dan selalu memantau dan mengingatkan kepada para wisatawan baik melalui publikasi langsung maupun dengan pemasangan rambu-rambu di titik tertentu.

Berkaitan dengan hal tersebut Bupati Gunungkidul meminta agar keamanan objek wisata saat libur lebaran perlu ditingkatkan. Baik Objek wisata pantai maupun objek lainnya semua harus terlayani dengan baik oleh aparat maupun oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga wisatawan yang menikmati keindahan alam di Kabupaten Gunungkidul bisa merasa aman, nyaman dan tentram.

Ia juga meminta wisatawan saat libur lebaran selalu memperhatikan keselamatan dengan mentaati peraturan, diantaranya peraturan lalu lintas dan himbauan di lokasi wisata.(*Tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

18 Jun 2019 s.d 22 Jun 2019
Pameran Kerajinan, Kuliner dan Panggung Kesenian
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

15 Mei 2019 s.d 29 Jun 2019
Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul Ke-188 Tahun 2019
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

24 Apr 2019
Peresmian Bedah Rumah Program Bansos
Lokasi:

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar