Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  372       Komentar  0
12 April 2019 15:15:50

Bupati Gunungkidul Apresiasi Peserta UNBK Paket B dan C


Gunungkidul - Bupati Hj. Badingah, S.Sos., meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pendidikan kesetaraan program Paket B dan Paket C yang digelar Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul di SMP N1 Semanu dan SMK Ponjong.



Bupati meninjau UNBK paket B dan C di SMAN 1 Semanu

“Saya bangga dengan saudara-saudara kita ini (peserta ujian). Meski sudah berumur tetapi masih memiliki semangat untuk mengikuti ujian kesetaraan ini,” ujar Bupati Badingah di sela-sela peninjauan di SMP N1 Semanu, Jumat, (12/04).



Bupati dengan panitia penyelenggara UNBK Paket B dan C

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., mengapresiasi meningkatnya jumlah peserta kejar paket C. Hal ini sebagai dampak multiplier efek terhadap meningkatnya kunjungan wisata di Gunungkidul. Remaja yang sebelumnya merantau sekarang pulang untuk bekerja disektor industri wisata. Agar mendapatkan posisi  kerja yang baik, bagi yang lulusan SMP kemudian menempuh kejar paket C.

“Banyaknya peserta kejar paket C ini diharapkan dapat meningkatkan massa menempuh pendidikan di Gunungkidul semangat untuk tetap belajar seperti yang dilakukan para peserta ujian kesetaraan paket C ini, harus bisa dijadikan contoh bagi generasi muda di Gunungkidul agar tetap semangat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan”

Dirinya juga meminta kepada Disdikpora untuk melakukan pendataan bagi masyarakat yang putus sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Gunungkidul yang saat ini dinilai masih rendah.

Sementara itu, Kepala Disdikpora, Bahron Rosyid, menjelaskan, untuk tahun pelajaran 2018/2019 peserta yang mengikuti ujian paket B sebanyak 96 dan Paket C sebanyak 488, jumlah total berjumlah 584 peserta yang tersebar di 15 lokasi, SMK dan SMP di wilayah Kecamatan Paliyan, Saptosari, Girisubo, Ponjong, Semanu, Karangmojo, Wonosari, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Tepus.

Bagi yang tidak hadir sekarang dapat mengikuti UNBK Kejar Paket C susulan,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul H. Bahron Rosyid S.Pd., MM kepada Bupati di sela-sela pemantauan di SMPN 1 Semanu dan SMKN 1 Ponjong.

Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan PNF)  Disdikpora, Nani Asyfiah, S.Sos., M.Si., selaku anggota tim penyelenggara  mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah peserta kejar paket C terus meningkat. Banyak anak-anak muda yang pergi merantau dengan ijazah SMP, mereka pulang untuk menempuh ujian kejar paket C atau setingkat SMA. Tuntutan zaman terus meningkat, yang sebelumnya ijazah SMP sudah dianggap memadai, sekarang dituntut minimal  mempunyai ijazah setingkat SMA. Beberapa diantaranya menempuh kejar paket C akan digunakan mencalonkan diri sebagai anggota DPR lima tahun yang akan datang atau nyalon kepala desa. 

Dalam pantauan UNBK Pendidikan Kesetaraan Bagi Paket B dan Paket Bupati didampingi, Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo, Supriyanto, S.E., M.T., Camat Semanu dan bersama tim penyelenggara UNBK tersebut. (*tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

18 Jun 2019 s.d 22 Jun 2019
Pameran Kerajinan, Kuliner dan Panggung Kesenian
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

15 Mei 2019 s.d 29 Jun 2019
Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul Ke-188 Tahun 2019
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

24 Apr 2019
Peresmian Bedah Rumah Program Bansos
Lokasi:

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar