Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Pemkab

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  8       Komentar  0
15 Juli 2021 14:52:16

Monitoring PPKM Darurat, Bupati Berikan Apresiasi Posko PPKM di Kelurahan


Gunungkidul - Masa pandemi covid masih di hadapi, pemerintah mengambil kebijakan dengan membentuk posko PPKM, untuk mengetahui efektifitas posko PPKM covid 19 di tingkat Kalurahan, Bupati H.Sunaryanta melakukan monitoring di beberapa Kalurahan, Kamis (15/7).

Dalam monitoring ini Bupati sangat mengapresiasi peran dan kerja keras posko PPKM yang mampu melaksanakan dengan baik, dari sisi kemanusiaan, birokrasi maupun penyajian data statistik kasus covid secara periodik.

Kasus terkonfirmasi covid di beberapa Kalurahan rata-rata mengalami penurunan dan tingkat kesembuhan yang tinggi, kesadaran masyatakat terkait disiplin protokol kesehatan pun juga semakin baik.

Dalam upaya pengoptimalan peran Posko PPKM di beberapa kelurahan, pemerintah desa juga telah mengambil kebijakan dengan membentuk relawan yang bersiap untuk tugas selama 24 jam.
Distribusi makanan bagi yang terdampak isoman pun juga terus dilakukan pemerintah desa.
Posko PPKM yang di kunjungi bupati diantaranya Kalurahan Karangtengah, Piyaman, Logandeng, Kepek, dan Kalurahan Baleharjo Wonosari.




Sementara untuk kasus paparan covid 19 di Kapanewon yang di kunjungi meliputi Kalurahan Karang Tengah. Berdasarkan data dari salah satu Staff Kalurahan tersebut, sampai saat ini warga yang terkonfirmasi terpapar covid 19 sebanyak 18 warga.
Di Kalurahan ini hampir seluruh perangkatnya di jumpai tidak berada di tempat karena melaksanakan kegitan di salah satu warga yang meninggal.

Hal yang sama di Kalurahan Piyaman bupati bertemu dengan beberapa perangkat Kalurahan, sebanyak 54 warga terkonfirmasi, di Kalurahan Logandeng data posko PPKM sebanyak 55 warga melaksanakan isoman. Di Kalurahan Siraman kasus konfirmasi mencapai 8 warga. Monitoring posko PPKM di lanjutkan di Kalurahan Kepek yang ditemui langsung lurah Bambang Setiawan yang mejelaskan secara detail kasus terkonfirmasi covid serta upaya pemerintah kalurahan dalam hal penanganan covid-19. Selain itu juga penerbitan kebijakan oleh pemerintah kalurahan berdasar pada instruksi bupati, Kalurahan Baleharjo juga tak luput di kunjungi Bupati untuk mengetahui perkembangan penanganan Covid di wilayahnya, meski yang terkonfirmasi tidak banyak namun merata di hampir seluruh padukuhan dan rata rata warga yang terkonfirmasi berasal dari lingkup kerjanya.

Bupatipun sangat mengapresiasi peran lurah dan seluruh perangkat desa yang terus bekerja dan tak henti melakukan edukasi, sosialisasi kepada warga masyarakat. Ditambahkan bahwa dengan memilih turun langsung kelapangan ini, untuk mengetahui data dan laporan secara langsung mengenai perkembangan dan penanganan covid-19 di masyarakat.

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing