Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Pemkab

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  79       Komentar  0
04 Juli 2020 19:10:53

Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi Hasil Pegawasan DPRD Terhadap Peraturan Daerah TentangAPBD Tahun Anggaran 2020 Triwulan II.


Gunungkidul - Sidang paripurna DPRD dengan agenda penyampaian Rekomendasi hasil pegawasan DPRD terhadap peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 triwulan II. Dilaksanakan hari Jumat, (03/07). Dipimpin wakil ketua DPRD Heri Nugroho,SS di gedung DPRD Gunungkidul. Sidang paripurna di hadiri oleh anggota dewan dan melalui video konfrens.



Beberapa rekomendasi DPRD yang disampaikan dalam paripurna tersebut salah satunya terkait penyelenggaraan bantuan sosial yang belum merata dikarenakan permasalahan penggunaan data Basis Data Terpadu (BDT) yang berubah istilah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data dari pusat yang tidak valid dan kurang update, sehingga pelaksanaan program bantuan sosial banyak terjadi salah sasaran, sehingga perlu meningkatkan koordinasi dengan DPRD dan melakukan croscek verifikasi dan update data oleh Dinas Sosial dengan pihak desa agar program bantuan sosial dan program jaminan sosial lainya dapat tepat sasaran, adil dan merata ke masyarakat.

Bupati Hj Badingah, S.Sos mengaku terbuka dalam menerima kritik hingga alternatif-alternatif maupun solusi terbaik. Hal tersebut sebagai bagian meningkatkan kinerja dan optimalisasi pelaksanaan kegiatan pemerintahan pembangunan dan pelayanan umum, serta percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul.



Hj. Badingah mangatakan, masa pandemi covid-19 yang mulai merembet ke Gunungkidul pada triwulan II, banyak kebijakan yang harus ditempuh oleh jajaran eksekutif guna merespon dan menyikapi perkembangan penyebaran pendemi covid-19.
"Pendanaan menjadi hal yang paling penting untuk menopang operasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 di Kabupaten Gunungkidul agar tidak semakin meluas". Kata Badingah.

Dengan sejumlah pertimbangan dan mengacu pada peraturan perundangan pemerintah daerah melakukan langkan dengan relokasi anggaran untuk mendukung penanganan Covid. Hal ini masih banyak yang harus di cermati di evaluasi dan diperbaiki sehingga kebijakan implementasinya tetap pada arah yang benar memberikan kontribusi nyata dan berdampak positif.
Selanjutnya rekomendasi hasil pegawasan DPRD diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Heri Nugroho, SS kelada Bupati Hj. Badingah, S.Sos.

Hadir mendampingi Bupati Hj.Badingah, S.Sos dalam sidang paripurna tersebut Wakil Bupati Dr. Immawan Wahyudi,MH Asisten I Drs. Sigit Purwanto, PLT Asisten II Ir. Edy Praptono, M.Si.

 

 

Layanan


MARI BERGERAK BERSAMA CEGAH PENYEBARAN COVID-19,

Gunakan masker - Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir - Lakukan Physical Distancing